Akhirnya MediaTek Siap Saingi Teknologi Qualcomm Snapdragon 855 Plus

MediaTek mengumumkan kehadiran Helio seri gaming yang terdiri dari Helio G90 dan G90T. Kedua chipset ini merupakan CPU Octa-core dengan clock speed hingga 2.05GHz dengan memadukan chipset ARM Cortex-A76 dan A55.

Di GPU menggunakan Mali G76 yang kemampuannya bisa dioptimalkan hingga 800MHz. Kedua chipset ini mendukung memori LPDDR4x hingga kapasitas 10GB di frekuensi 2133MHz. MediaTek Helio G90 dan G90T akan berhadapan langsung dengan chipset Flagship dari Qualcomm yakni Snapdragon 855 Plus.

Fitur spesial dari kedua chipset gaming ini yaitu teknologi bernama HyperEngine. Teknologi ini akan memacu kinerja CPU dan GPU untuk memberikan pengalaman bermain game menjadi lebih baik. HyperEngine juga memiliki fitur Resource Management Engine yang secara cerdas mengoptimalkan sumber daya perangkat saat bermain game.

Helio G90 dan G90T juga diklaim memiliki kemampuan untuk menyediakan koneksi yang baik. Saat koneksi WiFi memburuk,Helio G90 dan G90T secara otomatis akan mengubah koneksi ke LTE dalam hitungan milidetik sehingga diklaim menyediakan pengalaman tanpa lag saat bermain game.Chipset ini juga menyediakan kompatibilitas untuk kualitas grafis HDR10.

“Dengan Helio G90 Series, anda mendapatkan tampilan layar yang super cepat dan responsif serta lag lebih rendah untuk bermain game. Karena di dunia game, setiap milidetik sangat berarti” tutur GM Wireless Communication MediaTek, TL Lee.

Namun MediaTek tidak menyebutkan kapan chipset ini dijumpai di pasar dan pada perangkat apa mereka memasukan chipset gaming ini. MediaTek dipastikan akan berjuang keras mencari hardware smartphone yang akan menampung MediaTek G90 dan G90T, karena sebagian besar smartphone gaming yang dijadwalkan akan rilis sudah mengadopsi chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon 855 Plus.