Dengan Kuasai Halaman Pertama Google, Begini 8 Tips & Trik SEO Terbaru 2019

Tidak terasa tahun 2018 segera berakhir dan 2019 segera menjelang. Bagaimana kabar perusahaan dan bisnismu?

Ada banyak hal yang harus dilakukan sebagai seorang pebisnis. Apalagi bagi kamu yang bergelut dengan bisnis pemasaran online.

Memang banyak “traffic source” yang bisa kita andalkan untuk mendapatkan pengunjung. Namun, Search Engine Optimization (SEO) masih mendapatkan porsi yang cukup besar. Karena dari sisi kualitas trafik, SEO tetap memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan sumber trafik yang lainnya.

Nah, menyambut tahun 2019. Kami akan membahas beberapa stategi SEO yang bisa kamu praktekan pada tahun 2019 nanti. Mengetahui dan mempraktekan strategi lebih awal adalah langkah yang baik dan penting. Sehingga kamu bisa melakukan langkah-langkah penting ini sebelum kompetitor melakukannya.

Inilah beberapa strategi SEO yang bisa kamu praktekan pada tahun 2019 nanti. Jika bisa mempraktekannya secara maksimal dan konsisten, bersiaplah mendominasi halaman pertama di Google!

1. Penelusuran Suara

Tahun lalu penelurusan menggunakan suara mencapai 20% dari seluruh penelusuran didunia. Ini artinya, jumlah penelusuran menggunakan suara sudah tidak sedikit dan ada kemungkinan semakin meningkat beberapa tahun ke depan. Terutama tahun 2019.

Nah, sebagai pebisnis online yang menggunakan Search Engine Optimization sebagai sumber traffic tentu wajib bagi kita untuk mempelajarinya.

Salah satu yang menjadi kecenderungan para pencari informasi adalah menggunakan pertanyaan yang lengkap untuk mendapatkan informasi.

Kenapa?

Karena dengan menggunakan suara, mereka tidak perlu capek-capek mengetikan kata per kata di kotak pencarian. Cukup dengan mengucapkan pertanyaan saja. Dan ini jauh lebih mudah bagi kebanyakan orang.

Ciri-ciri keyword yang digunakan menggunakan penelurusan suara adalah menggunakan kata atau kalimat pertanyaan seperti apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana.

Yang paling penting adalah menyediakan konten yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Selain itu, jangan lupa untuk mengoptimasi bagian judulnya juga.

2. Pengalaman pengguna

Seperti yang lalu-lalu, Google tetap menyukai website yang memiliki pengalaman pengguna yang baik. Semakin baik pengalaman pengguna dari website mu, maka semakin besar kemungkinan website mu mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERP Google.

Website yang memiliki pengalaman pengguna yang buruk seperti loading yang terlalu lambat, navigasi berantakan, terlalu banyak iklan dan website yang membingungkan, website seperti ini sangat besar peluangnya untuk turun peringkat dari waktu ke waktu.

Langkah ini sangat penting sekali dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Sehebat apapun SEO Offpage yang kamu lakukan, namun pengalaman penggunanya buruk, maka peringkatmu tidak akan bertahan lama.

Tapi, satu hal yang harus kita ketahui dan pahami. Standar pengalaman pengguna terus naik dari waktu ke waktu. Jika dulu cukup dengan website yang loadnya cepat, sekarang juga harus memiliki time on site yang lama. Bahkan terus berkembang dengan adanya klik link ke halaman lain. Faktor-faktor ini akan terus berkembang dan bertambah. Jadi, pastikan website mu tidak ketinggalan.

Salah satu tool yang kami rekomendasikan digunakan untuk melakukan pelacakan pengalaman pengguna adalah Google Analytics. Menggunakan alat ini kamu bisa mendapatkan banyak informasi terkait dengan perilaku pengguna di website.

Jika sudah mendapatkan informasi dari google analytics, selanjutnya kamu bisa memperbaiki pengalaman pengguna agar terus lebih baik.

3. Konten yang SEO Friendly

Ketika bicara tentang konten, itu artinya tidak hanya artikel saja. Disana ada video, gambar, pdf, powerpoint dan lain sebagainya.

Dan sampai hari ini, konten masih menjadi factor penting dan krusial dalam menentukan peringkat website mu. Karena konten ini berdampak langsung pada pengalaman pengguna. Jadi, berusahalah untuk membuat konten yang menarik dan SEO-friendly.

Jika website mu saat ini belum mendapatkan peringkat di halaman pertama Google. Maka, salah satu checklist dalam upaya perbaikan adalah evaluasi konten-konten mu. Apakah konten yang kamu sediakan sudah lebih baik dibandingkan kompetitormu yang berada di halaman pertama Google.

Jika kontenmu lebih buruk dan kamu ngotot untuk tidak merubahnya. Maka sangat sulit bagi website mu untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google.

Jadi, evaluasilah konten website mu sekarang juga. Termasuk untuk menyambut tahun 2019 nanti. Ini adalah bagian yang sangat penting dan krusial. Sekali lagi. Ini sangat penting.

4. Cermat dalam Link Building

Backlink juga masih menjadi faktor penting dalam menentukan peringkat website mu. Karena melalui backlink, Google bisa mengukur otoritas dari websitemu. Semakin banyak website yang memberikan backlink ke website kita, maka semakin bagus otoritas website kita.

Tapi, ingat. Kamu tidak tidak boleh memasang sembarangan backlink.

Dan inilah mengapa kamu harus selektif dalam melakukan link building. Ibarat makanan, tidak semua makanan itu baik bagi tubuh. Ada juga makanan yang justru dampaknya tidak baik bagi tubuh. Begitu juga dengan backlink. Tidak semua backlink bagus untuk website mu.

5. Raih ‘Rank 0’ pada SERP

Google terus mengembangkan produknya untuk memberikan hasil yang lebih baik bagi pencari informasi. Salah satunya adalah cuplikan yang sering kita lihat pada bagian atas. Praktisi SEO menyebutnya dengan “rank 0” atau “peringkat 0”.

Jika kamu bisa mengakuisisi peringkat nol ini, maka sangat besar peluangmu untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak. Hanya saja ini tidak mudah. Dibutuhkan usaha dan trik yang tidak sederhana.

Setelah kami amati, beberapa website yang berada di peringkat nol ini biasanya menggunakan frasa “siapa, apa, bila, dimana, jenis dan lain sebagianya.” Tapi pastikan dulu website mu berada di halaman pertama terlebih dahulu.

6. Meningkatkan CTR

Secara sederhana, CTR bisa diartikan dengan jumlah klik dari total tayang ketika berada dihalaman pertama Google. Misalnya, jumlah pencari informasi yang mengetikan kata kunci di Google sebanyak 1000 kali. Dan website mu mendapatkan klik sebanyak 30 kali. Maka CTR dari website mu adalah (30/1000)*100, yaitu : 3%

Semakin tinggi CTR website, maka semakin besar peluang website mu bertahan di halaman 1 google. Bahkan, kamu berpeluang mendapatkan peringkat nol.

Berikut ini adalah cara meningkatkan CTR website mu di SERP Google :

#1. Optimasi judul dan deskripsi halaman website mu. Jangan terlalu pendek dan juga terlalu panjang. Sisipkan juga kata-kata yang mampu mendorong pengunjung untuk mengklik website mu. Misalnya : Trik Terbaru, Solusi praktis dan lain sebagainya.

#2. Optimalkan url halaman website mu. Jika menggunakan WordPress maka url akan otomatis menggunakan judul yang kamu gunakan.

#3. Gunakan angka pada judul halaman mu. Misalnya : 7 Trik Rahasia para Mastah. Diakui atau tidak, ketika menggunakan angka CTR mu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakannya.

7. Website yang Mobile-Friendly & Responsif

Seperti penelusuran suara, pengguna perangkat mobile terus meningkat setiap tahunnya. Jika kamu tidak ingin kehilangan pengunjung dari perangkat mobile, maka kamu harus memastikan website mu mobile-friendly dan juga responsif.

8. Gunakan Konten Video

Penulis sendiri sangat suka dengan konten video. Melalui video kita mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan visualisasi yang menarik. Ini membuat pengalaman pengguna semakin baik.

Oleh karenanya, kami sangat menyarankanmu untuk menyertakan video pada setiap tulisan yang diterbitkan di website. Kamu bisa membuatnya sendiri atau mengambil video yang relevan di  YouTube.

Itulah beberapa tips dan strategi SEO yang bisa kamu praktekan pada tahun 2019 ini. Pastikan kamu melakukan beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas untuk bisa menguasai halaman pertama Google dengan mudah