Di Tahun 2020, Katanya Xiaomi Akan Punya Ponsel Murah dengan Fingerprint on Display

Sebelumnya muncul rumor bahwa Xiaomi akan merilis ponsel murah dengan Fingerprint on Display. Kini vendor asal China ini mengonfirmasi kabar tersebut.

Melalui postingannya di Weibo, Product Director Xiaomi Wang Teng mengatakan bahwa teknologi Fingerprint on Display akan bisa diterapkan di ponsel bikinan Xiaomi dengan kisaran harga kurang dari 2.000 yuan (Rp 4,2 juta).

Ini dimungkinkan karena perusahaan asal China, Fortsense sedang mengembangkan teknologi pemindai sidik jari yang bisa dibenamkan di layar LCD. Fitur tersebut selama ini memang hanya ditemukan di ponsel berlayar OLED berharga tinggi.

Namun, Fortsense kabarnya telah berhasil memecahkan masalah utama berupa interferensi sinyal di layar LCD. Sejumlah manufaktur ponsel pun diprediksi akan mulai memakai pemindai sidik jari dalam layar buatan Fortsense pada paruh kedua 2019.

Lewat Teng, Xiaomi mengatakan berencana merilis ponsel budget dengan Fingerprint on Display, akan tetapi peminat sepertinya harus menunggu lebih lama.

“Pemindai sidik jari di dalam layar LCD, secara teknis bisa dibuat, namun kecil kemungkinan untuk meluncurkannya tahun ini. Paling cepat mungkin pada akhir tahun nanti atau kemungkinan besar awal tahun depan,” tulis Teng.

Dilansir dari Phone Arena, Selasa (30/4/2019), masih belum jelas lini smartphone mana dari Xiaomi yang akan mendapatkan fitur ini untuk pertama kalinya.

Akan tetapi, bocoran sebelumnya mengatakan bahwa Xiaomi akan membenamkan fitur ini pada seri ponsel Android One besutannya.

Dugaan itu berasal dari dua kode nama ponsel yang ditemukan oleh situs XDADevelopers beberapa waktu lalu.

Berdasarkan temuannya, ada dua ponsel dengan kode “bamboo_sprout” dan “cosmos_sprout” yang sedang diuji coba Xiaomi dengan fitur Fingerprint on Display (FoD). Keduanya diyakini sebagai perangkat Android One besutan Xiaomi generasi penerus Mi A2 dan Mi A2 Lite, kemungkinan bernama Mi A3 dan Mi A3 Lite.

Biasanya Xiaomi menamakan ponsel Android One bikinannya dengan embel-embel “sprout”, seperti Mi A1 dengan kode nama “tissot_sprout” dan Mi A2 dengan kode nama “jasmine_sprout”.

Seri ponsel Android One dari Xiaomi sebelumnya diketahui masih menanamkan pemindai sidik jari konvensional yang letaknya ada di punggung ponsel.