Ingin Bekerja Sebagai Programmer? Kuasai 5 Bahasa Pemrograman Ini!

Lebih dari seratus bahasa pemrograman yang digunakan saat ini, hanya beberapa yang dapat mengubah lintasan karirmu. Untuk belajar bahasa baru, sangat sering disarankan bahwa seseorang harus melihat pada tren terbaru. Hal ini memberikan ide yang cukup kuat tentang masa depan dan berapa banyak bahasa dapat tumbuh dalam penggunaan dan seberapa pentingnya. Ini secara otomatis memberitahu kita peluang ataupun kesempatan kerja.

Programmer belajar bahasa pemrograman dan meningkatkan keahliannya masing-masing. Dengan memanfaatkan beberapa bahasa, mereka mampu memecahkankan sebuah masalah dengan mudah. Mempelajari bahasa pemrograman tidak hanya menempatkan kamu di posisi yang baik, tetapi pengusaha akan datang sendiri untuk mempekerjakanmu. Faktanya, kamu mungkin akan menjadi salah satu nama besar berikutnya dalam industri teknologi karena bahasa-bahasa ini memiliki rekam jejak yang panjang dan sukses. Jika kamu ingin bekerja sebagai programmer, kuasai 5 bahasa pemrograman ini:

Java

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, digunakan untuk membuat aplikasi server-side, video game dan aplikasi mobile. Java merupakan elemen inti dari aplikasi Android Native. Java tetap menjadi popularitas besar dan pilihan bagi para pengembangan. Situs web resmi Java menyatakan bahwa lebih dari tiga miliar perangkat menjalankan Java hari ini. Hal itu menjadikan Java salah satu bahasa pemrograman paling diminati di dunia.

Java mendukung multithreading, jaringan dan unicode tanpa membutuhkan pustaka eksternal. Oleh karena itu, Java adalah salah satu bahasa yang paling populer dalam paket pemrosesan data besar seperti Hadoop dan Apache Spark.

Python

Python adalah bahasa lain yang dapat menjadi platform yang efisien dan produktif untuk mengembangkan aplikasi komputer dan bahasa pemrograman yang paling cepat berkembang. Program ini dilaksanakan pada tahun 1989 oleh Guido van Rossum sebagai penerus bahasa ABC.

Salah satu faktor utama yang mendorong Python menjadi popularitas massal adalah keterbacaan dan fleksibilitasnya. Semua kenyamanan ini telah membuat Python menjadi bahasa yang cocok untuk industri keuangan dan medis yang berarti kamu dapat bekerja di bidang ini setelah kamu mempelajari Python.  

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, dinamis, tidak bertipe dan ditafsirkan bahasa pemrograman. Internet seperti yang kamu tahu itu tidak akan mungkin tanpa JavaScript. Dari awal yang sederhana sebagai mesin untuk browser web Netscape Navigator, JavaScript membuat pengembangan web front-end dinamis dan interaktif.

Sejak itu, JavaScript telah mengamankan tempatnya sebagai salah satu teknologi inti Internet. Hampir setiap situs web saat ini menggunakan JavaScript. Itu berarti, jika kamu belajar JavaScript, kamu tidak akan pernah kehilangan pekerjaan selama permintaan untuk situs web baru terus berlanjut.       

PHP

PHP adalah bahasa scriptting server-side yang difokuskan pada pengembangan web. PHP, seperti halnya JavaScript, muncul sebagai bahasa pemrograman web yang memungkinkan situs web dinamis.

Situs web seperti Facebook, Yahoo dan Wikipedia menggunakan PHP karena kesederhanaannya, lisensi open source dan interoperabilitas dengan berbagai platform. Untuk programmer baru, PHP menawarkan entry barrier yang rendah karena mudah dipelajari dan diakses secara bebas.

C #

C# (dibaca C-sharp) merupakan bahasa modern dan merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Bahasa yang relatif baru ini mendorong ke dalam berbagai aplikasi Microsoft yang didukung oleh .NET Framework. Pemrograman di C# sangat banyak didasarkan pada C dan C++.

Jadi, jika memiliki kemampuan dalam bahasa C dan C++, maka belajar C# tidak akan sulit. Selain itu, bahasa ini cepat menggantikan bahasa sisi server lainnya untuk mengembangkan aplikasi web yang berjalan di server Windows. Dilengkapi perpustakaan yang lengkap, membuat C# menjadi bahasa yang populer dan banyak dibutuhkan.