Kamu Waib Tahu 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengisi Daya Smartphone

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna smartphone adalah permasalahan baterai. Kian hari, para pengguna menganggap umur baterai smartphone semakin memburuk. Namun sesungguhnya, kita tak bisa sepenuhnya menyalahkan produsen pembuat ponsel pintar tersebut. Karena nyatanya, masalah baterai yang memburuk dapat terjadi dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah dikarenakan kebiasaan kita dalam melakukan pengisian daya yang ternyata memberikan efek besar dalam mempercepat masa pakai dari baterai perangkat ponsel pintar kita.

Maka dari itu, kali ini akan dibahas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dan dihindari pada saat melakukan pengisian daya. Ini dia, 5 hal yang perlu diperhatikan saat mengisi daya smartphone, dilansir dari techno.okezone.com!

Jangan pernah tinggalkan pengisian daya hingga semalam suntuk

Dengan meninggalkan ponsel terisi daya selama semalam suntuk dapat memperpendek umur serta daya baterai. Dan saat daya telah berkurang hingga di batas tertentu, perangkat akan kembali diisi oleh charger. Hal inilah yang akan membuat baterai cepat aus.

Fast charging bukan solusi terbaik

Fast charging bukanlah solusi yang baik. Pasalnya, fast charging akan menambah beban daya yang lebih tinggi ke dalam baterai. Alhasil, kemampuan baterai untuk menyimpan daya akan melemah.

Hindari pemakaian saat mengisi daya dengan powerbank

Hindari pemakaian saat mengisi daya dengan powerbank, karena saat menggunakan powerbank, temperatur baterai smartphone akan menjadi sangat panas, terlebih bila digunakan beraktifitas. Kenaikan temperatur ini akan mempengaruhi kemampuan baterai dalam menyimpan daya.

Lepas pelindung smartphone saat mengisi daya

Lepaskan pelindung smartphone saat mengisi daya karena smartphone kita akan sedikit panas. Jika kita tetap memakai pelindung smartphone saat mengisi, maka temperatur dari perangkat kita akan semakin panas dan dapat menyebabkan dampak buruk bagi baterai.

Pastikan gunakan charger pabrikan

Pastikan gunakan charger pabrikan. Sebab, terdapat kriteria berbeda dari masing-masing vendor dalam mengatur daya yang masuk dan keluar dari setiap perangkat mereka. Memakai charger universal dapat berpengaruh pada arus yang masuk kedalam baterai, dan kemudian akan mengganggu daya tahan baterai.