Sebenarnya Apa Merek Smartphone Paling Laris di Dunia?

Dari sekian banyak produk untuk smartphone, pasti tentu banyak kategori untuk penentuan mana produk yang paling laris, paling banyak diminati, dan mana pula yang sedikit peminatnya. Untuk itu kita bisa mengetahuinya agar kita pun bisa mengambil keputusan untuk nanti membeli produk teknologi yang satu ini.

Firma riset pasar Counterpoint Research menyajikan jawabannya dalam laporan Market Pulse untuk Maret 2018. Dalam laporan Counterpoint, iPhone X ternyata merajai tangga smartphone terlaris secara global dengan penguasaan pasar 3,5 persen. Counterpoint mengatakan, iPhone X sekaligus menjadi ponsel dengan penjualan tertinggi sepanjang kuartal I-2018 yang berakhir pada Maret.

iPhone 8 menyusul di urutan kedua dengan pangsa pasar 2,3 persen. Di urutan ketiga ada smartphone murah meriah Redmi 5A besutan Xiaomi. “Untuk pertama kalinya bagi Xiaomi, Redmi 5A menjadi smartphone Android terlaris bulan Maret. Redmi 5A juga merupakan smartphone terlaris ketiga,” tulis analis Counterpoint Shobbit Srivastava dalam laporannya, seperti dikutip KompasTekno, Selasa (22/5/2018).

Nama Oppo muncul di posisi keempat dengan A83 yang baru meluncur pada Januari lalu. Kemudian, di dua urutan setelahnya adalah Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus dari Samsung. Terlihat bahwa Apple mendominasi pasaran smartphone dunia, berdasarkan laporan Counterpoint. Dari sepuluh smartphone dalam daftar terlaris Maret 2018, lima di antaranya merupakan iPhone.

Tiga lainnya berasal dari Samsung, lalu Xiaomi dan Oppo masing-masing menyumbang satu model.